Senin, 31 Agustus 2009

 Manfaat Blog Bagi Guru


Internet dan Manfaatnya
Dunia saat ini tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Teknologi IT telah mendobrak belenggu ruang dan waktu. Segala hal dapat dilakukan melampaui ruang dan waktu. Bahkan umurpun tidak membatasinya, yang tua bahkan yang belia dapat menmbus keterbatasan di dunia ini.
Internet adalah salah satu teknologi IT yang berhasil dikembangkan oleh manusia. Bebagai kegiatan dapat dilakukan melalui keberadaan internet, bahkan kegiatan-kegiatan yang tidak ada kaitannya dengan IT.
Memang segala sesuatu memiliki resiko. Internet sebagai suatu produk teknologi pasti membawa berbagai pengaruh, baik positif maupun negatif.
Terlepas dari pengaruh-pengaruhnya, yang jelas internet memiliki manfaat bagi kehidupan manusia terutama dalam bidang informasi. Segala bentuk informasi dapat disampaikan dan diterima dengan cepat dengan mengesampingkan jarak dan waktu. Termasuk dalam bidang pendidikan. Dapat dikatakan bahwa internet merupakan tantangan masa kini menuju masa depan, dengan pengaruh pengaruhnya.
Pengaruh-pengaruh buruk dari adanya internet secara teknis (mungkin) dapat diantisipasi. Banyak perangkat-perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menangkal pengaruh buruk internet tersedia di internet. Kehati-hatian, tanggung-jawab pengguna serta pengawasan orang dewasa terhadap anak-anak sedikit banyak dapat mengatasi pengaruh buruk internet.

Manfaat Internet dalam Pendidikan
Hampir semua kalangan mengenal internet, tidak hanya orang dewasa, anak-anak kecilpun mulai mengenal internet. Bahkan, salah satu produk internet, chatting banyak digandrungi oleh para remaja hingga anak-anak. Game secara online saat ini sedang mengalami booming, para remaja memainkankannya secara bersama pada tempat yang berbeda dengan jarak yang tak terpikirkan. Masih banyak fasilitas yang disediakan internet, transaksi produk, tranformasi ilmu, budaya, sejarah dan banyak lagi yang dapat diakses. Fasilitas-fasilitas tersebut tersedia dalam bentuk situs (yang dikenal dengan website) atau blog.
Internet juga dapat digunakan untuk mendukung kegiatan pendidikan. Penyampaian materi pembelajaran, pengumpulan tugas, konsultasi dalam hal pendidikan bahkan untuk akses nilai, yang semuanya dapat dilakukan secara jarak jauh atau online. Proses pembelajaran dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun bahkan dalam jarak yang jauh. Bagi peserta didik materi tidak hanya didapatkan dari guru tetapi dapat didapat melalui browsing (menjelajahi situs-situs internet). Bahkan pendidik dan peserta didik dapat mengembangkan pengetahuan untuk pengayaan materi.

Manfaat Blog bagi Guru
Istilah blog merupakan kependekan dari Weblog, yang digunakan untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.Blog merupakan teks dokumen, gambar, obyek media, dan data yang tersusun secara rapi dan menurut kronologi tertentu, yang dapat dilihat melalui browser internet dan biasanya berisi catatan atau jurnal pribadi. Diantara penyedia skin blog gratis adalah; blogspot, wordpress, multiply dan masih banyak lagi.Istilah weblog pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Hingga saat ini blog berkembang dengan pesat. Diantara pengguna blog adalah para remaja, mahasiswa, politisi, selebiritis hingga anak-anak usia belia.
Blog memberi keleluasaan bagi para pengunanya untuk menulis, mengungkapkan apapun yang ada di dalam benaknya. Ide-ide cemerlang, pengalaman-pengalaman menarik atau hanya sekedar catatan harian dapt di publikasikan kepada pengguna internet yang lain. Blog juga dapat dimanfaatkan menjadi semacam situs yang murah karena banyak penyedia layanan blog gratis. Melalui blog seseorang dapat dikenal oleh orang lain dilain tempat bahkan dengan jarak yang jauh.
Blog menawarkan pilihan bagi pengguna sebagai sarana menulis, berdiskusi dan berbagi pengetahuan pengguna lain, blog juga merupakan sarana yang cepat dan mudah sebagai sarana penyebaran hasil-hasil penelitian, penataran, penelitian, workshop dan berbagai macam tulisan lainnya.
Begitu luasnya manfaat blog, alangkah tepat jika dimafaatkan sebagai sarana untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar(KBM). Proses KBM dapat terbantu dengan adanya fasilitas-fasilitas yang ada didalam blog. Banyak kemudahan-kemudahan yang dapat dilakukan melalui blog. Proses KBM dapat dilakukan diluar kelas, penyampaian materi, pemberian tugas serta pengumpulannya atau bahkan kegiatan evaluasi.
Bagi guru sendiri blog memiliki beberapa manfaat beberapa, antara lain :

1. Sarana Aktualisasi Diri
segala sesuatu yang berkaitan dengan tugas keseharian guru dapat ditampilkan dalam blog yang dikelola untuk dapat dibaca oleh guru lain atau siswa.

2. Sarana Pembuka Wawasan
proses pencarian dengan search engine yang terus menerus akan membuka dan menambah wawasan guru tentang dunianya dan dunia ilmu pengetahuan pada umumnya

3. Meningkatkan Ketrampilan Menulis
Dengan sering menulis dalam blog, keterampilan menulis akan meningkat dengan sendirinya

4. Sarana Berbagi Informasi
Penyebaran informasi akan berjalan dengan cepat dan mudah, karena pengelola blog dapat saling memberi link dengan blog lain.(Rusdi Mustapa, S.Pd. http://mansurakarta.com)

5. Sarana Tutorial Pembelajaran
Guru dapat membuat dan meresume materi pelajaran kemudian meletakkannya ke dalam sebuah blog, sehingga siswa dapat mengakses materi guru dengan mudah, tanpa dibatasi oleh waktu dan tempat. Penggunaan blog sebagai media pembelajaran sangat usabilitas (mudah digunakan) dan maintanabel (mudah dikelola dan dirawat).

Demikian manfaat yang ada pada internet, khususnya blog, yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan pendidikan. Keberadaan blog yang kaya manfaat masih jarang dimanfaatkan oleh sebagian guru. Padahal keberadaan blog bagi guru kalau kita kaji secara mendalam mempunyai banyak manfaat.

Dikutip dari : http://benaku0ut.blogspot.com/2009/03/manfaat-blog-bagi-guru.html

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com